Ternyata Begini Cara Menikmati BBQ ala Korea!

Dapat Anda lihat jelas bahwa di setiap drama Korea pasti menonjolkan ciri khas tersendiri ketika sedang makan. Salah satu ciri khas yang sangat terlihat adalah, ketika para pemainnya sedang melakukan acting makan daging panggang. Ada beberapa ciri khas yang tampak begitu jelas dari kuliner BBQ di Korea. Bagi penggemar oppa-oppa, pasti rasanya ingin berkunjung ke Korea untuk bisa nikmati berbagai hidangan khas sana. Namun apabila belum terwujud untuk bisa ke Korea, di Indonesia pun Anda sudah bisa dengan mudah menikmati hidangan ala Korea dengan rasa yang tak kalah enaknya.

3 Langkah Untuk Menikmati Daging BBQ Khas Korea

Untuk merasakan betapa lezatnya kuliner BBQ di Korea, sebenarnya mudah. Jadi sekarang kunjungi café tertentu yang menjual beragam makanan Korea, kemudian pilihlah menu BBQ. Setelah Anda memilih daging yang akan di panggang, sekarang lakukanlah langkah berikut:

  • Meminta pramusaji untuk memanggangkan daging

Seluruh restoran di Korea, setiap pelanggan memesan BBQ pasti pramusajinya akan memanggangkan daging untuk pelanggan. Jadi pelanggan tidak memanggang dagingnya sendiri jika memang sedang ingin dilayani pramusaji. Namun ada pula beberapa pelanggan yang tidak ingin meminta bantuan pramusaji dan lebih memilih untuk memanggang dagingnya sendiri. Apabila Anda tak paham terhadap cara memanggang daging agar rasanya lezat, mintalah bantuan pramusaji.

  • Memanfaatkan saus cocolan atau ssamjang

Setiap kuliner BBQ, saun ssamjang selalu ada. Pasalnya ssamjang merupakan pelengkap dari daging panggang. Ssamjang tersebut merupakan sebuah campuran ari pasta kedelai, cincangan bawang putih, pasta cabai, gula dan juga minyak wijen. Kemudian selain ssamjang, ada pula beberapa saus pelengkap lain yang merupakan soy saus.

  • Menggunakan bungkusan ssambap

Ssambap merupakan sebuah bungkusan yang merupakan daun hijau. Biasanya daun yang dijadikan ssambap merupakan daun selada dan juga daun perilla. Kemudian untuk sajian bulgogi serta kalbi akan sangat cocok apabila dibungkus menggunakan ssambap tersebut. Selain disantap dengan bungkusan ssambap, restoran sering kali menyediakan bawang putih yang mentah dan juga potongan cabai. Untuk mengonsumsi bawang putihnya, Anda bisa memanggang selama beberapa detik.

Tips Pemilihan Daging Panggang ala Korea yang Lezat

Ketika cara mengonsumsi daging panggang sudah menggunakan 3 langkah di atas, dijamin santapan Anda saat itu terasa menggoda dan nagih. Namun kelezatan hidangan Anda akan tetap tergantung pada jenis daging yang dipilih. Jadi sebelum mulai membeli, hendaknya Ana telah memilih daging yang tepat. Ada beberapa cara tersendiri dalam memilih daging panggang ala Korea. Berikut beberapa caranya:

  • Pilihlah daging sapi

Bagi yang agamanya berupa Islam, daging babi akan menjadi daging yang diharamkan. Jadi ketika ingin merasakan kuliner BBQ di Korea, hendaknya pilih daging sapi saja. Bahkan daging sapi pun akan memberikan aroma dan rasa yang sangat-sangat lezat apabila disajikan ala BBQ Korea. Hanya saja untuk pemanggangannya, Anda harus tahu. Sehingga tingkat kematangan dagingnya sudah tepat.

  • Pilihlah daging babi

Banyak yang bilang daging babi antara daging sapi itu memiliki tekstur yang berbeda. Tekstur dari daging sapi lebih lembut dibanding daging sapi. Selain itu ketika dibumbui daging babi pun lebih cepat meresap. Bagi non Islam, memilih daging babi tidak diharamkan. Jadi tidak masalah apabila Anda memilih daging babi untuk BBQ kali ini.

  • Pilihlah daging yang segar

Daging yang lezat untuk dikonsumsi adalah daging yang masih segar. Selain lezat, daging segar juga memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh. Untuk memilih daging yang segar, Anda harus melihat bagaimana penampakannya. Jadi perhatikan baik-baik warna dari dagingnya. Daging gelonggongan pasti akan terlihat meneteskan air dari dalam dagingnya. Sehingga itu memberikan tanda bahwa daging tidak lezat untuk dikonsumsi.

Kemudian pastikan daging yang Anda konsumsi nantinya masih berwarna merah. Daging berwarna merah menandakan bahwa daging tersebut fresh dan siap dikonsumsi. Kemudian Anda juga bisa mencium bagaimana aromanya. Daging yang merupakan stok lama pasti memiliki aroma tidak enak dan sudah tidak segar.

Jika Anda sudah memilih daging yang tepat untuk dipanggang, maka sekarang Anda bisa langsung memulai berkuliner BBQ ala Korea. Ingat, untuk mendapatkan rasa seperti BBQ Korea, Anda harus menggunakan langkah yang telah dijelaskan tadi. Mulai dari menggunakan saus, menggunakan bawang putih yang dibakar sampai dengan menggunakan lapisan daun selada. Daging yang telah selesai Anda panggang bisa dibungkus menggunakan selada.

Jangan lupa untuk membungkus daging bersama dengan saus dan bawang putih bakar. Setelah itu Anda bisa mencelupkannya lagi ke saus di bagian luar bungkus. Dengan begitu rasa pedas menjadi lebih terasa. Pasalnya banyak masyarakat di Korea yang amat gila akan rasa pedas. Sehingga setiap makanan yang mereka konsumsi harus memiliki cita rasa pedas. Sekian cara nikmati kuliner BBQ di Korea, semoga hidangan Anda memuaskan!

error: Content is protected !!